Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Covid-19 Melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan Remaja di Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Depok Tahun 2020
Abstract
Abstrak
Latar Belakang: Tim SATGAS COVID-19 mencatat pada 13 Desember 2020 sebanyak 54.368 remaja yang terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini diakibatkan dari kurangnya pengetahuan remaja tentang COVID-19. Untuk meningkatkan pengetahuan pada remaja salah satunya melalui pendidikan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan tentang COVID-19 melalui media audio-visual terhadap pengetahuan remaja.
Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi Madrasah Aliyah Nurul Huda Kota Depok. Sampel yang digunakan sejumlah 60 responden. Teknik pengambilan sampel dengan sampling jenuh. Analisis data menggunakan analisa Univariat dan Bivariat menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan melalui media audio-visual rata-rata tingkat pengetahuan remaja meningkat dari 12,52 menjadi 20,97. P-value yang diperoleh sebesar 0,001<0,05. Pendidikan kesehatan tentang COVID-19 melalui media audio-visual memberikan pengaruh positif terhadap pengetahuan remaja.
Kesimpulan: Terdapat peningkatan yang signifikan pada pengetahuan remaja sesudah dilakukan pendidikan kesehatan. Diharapkan agar remaja dapat mencari informasi mengenai COVID-19 dari berbagai sumber yang dapat diakses dengan mudah dan remaja memiliki kemauan untuk memahami lebih dalam mengenai COVID-19 agar remaja dapat melakukan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dengan baik.
Kata Kunci: Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Media Audio-visual, Remaja, COVID-19
Abstract
Background: The COVID-19 Task Force Team noted that on December 13, 2020, 54,368 teenagers were confirmed positive for COVID-19. This is due to the lack of knowledge of teenagers about COVID-19. One of the ways to increase knowledge in adolescents is through health education. The purpose of this study was to determine the effect of health education on COVID-19 through audio-visual media on adolescent knowledge.
Method: This type of quantitative research with pre-experimental research methods. The population of this research is all students of Madrasah Aliyah Nurul Huda Depok City. The sample used was 60 respondents. The sampling technique was saturated sampling. Data analysis used Univariate and Bivariate analysis using the Wilcoxon Signed Ranks Test.
Results: The results showed that after health education was conducted through audio-visual media, the average level of knowledge of adolescents increased from 12.52 to 20.97. The p-value obtained is 0.001 <0.05. Health education about COVID-19 through audio-visual media has a positive influence on adolescent knowledge.
Conclusion: There is a significant increase in adolescents knowledge after health education. It is hoped that adolescents can seek information about COVID-19 from various sources that can be accessed easily and teenagers have the willingness to understand more deeply about COVID-19 so that adolescents can make efforts to prevent the spread of COVID-19 properly.
Keywords: Knowledge, Health Education, Audio-visual Media, Adolescents, COVID-19
References
WHO. Recognizing adolescence, Adolescence: A Period Needing Special Attention. 2014; Available from: http://apps.who.int/adolescent/seconddecade/section2/ %0Apage1/recognizing-adolescence.html
Winarti A, Fatimah FS, Rizky W. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Tentang Menarche pada Siswi Kelas V Sekolah Dasar. J Ners Dan Kebidanan Indones 5(1), 51 [Internet]. 2017; Available from: https://doi.org/10.21927/jnki.2017.5(1).51-57.
Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). 2020.
Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Peta Resiko. 2020; Available from: https://covid19.go.id/
Antara, Rini. Mayoritas Pelanggar Protokol Kesehatan di Yogyakarta Bukan Wisatawan [Internet]. 2020 [cited 2020 Oct 21]. Available from: https://travel.tempo.co/read/1382893/mayoritas-pelanggar-protokol-kesehatan-di-yogyakarta-bukan-wisatawan/full&view=ok
Buana DR. Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM J Sos dan Budaya Syar-i. 2020;7(3).
Mubarak I. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Salemba Medika. 2012.
Habibie N. UNICEF Survei 4.000 Remaja Terkait Covid-19, 70 Persen Percaya Langkah Pemerintah. 2020; Available from: https://www.merdeka.com/peristiwa/unicef-survei-4000-remaja-terkait-covid-19-70-persenpercaya-langkah-pemerintah.html%0A
Maulana, H, D J. Promosi Kesehatan, Jakarta: Buku Kedokteran EGC. 2009.
Herlina. Bibliotherapy: Mengatasi Masalah Anak dan Remaja Melalui Buku. Pustaka Cendekia Utama, Bandung. 2013.
Budiman, Riyanto A. Kapita Selekta Quesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika. 2014.
Abrori. Di Simpang Jalan Aborsi: Sebuah Studi Kasus Terhadap Remaja yang Mengalami Kehamilan Tak Diinginkan. Gigih Pustaka Mandiri : Yogyakarta. [Internet]. 2014. Available from: https://books.google.co.id/books?id=ZX5fDw AAQBAJ&p%0Ag=PA19&dq=perilaku+tertutup&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjpjb57PfgAh%0AX17nMBHTf1CXkQ6AEILDAA#v=onepage&q=perilaku tert utup&f=false
Adliyani ZON, Angraini DI, Soleha TU. Pengaruh Pengetahuan, Pendidikan dan Ekonomi terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat Desa Pekonmon Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat. Major J. 2017;7(1):6–13.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta : Jakarta. 2012.
Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta. 2010.
Fadilah M, Indah W, Ningsih F, Berlin O, Wimaulia A, Syakurah RA. Pengaruh Seminar Online Terhadap Pengetahuan Dalam Meningkatkan Imunitas Untuk Menghadapi COVID-19 Dan Persepsi Mengenai New Normal Pada Masyarakat Awam. J Kesehat Masy. 2020;6(2):134–49.
Jaji. Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media leaflet terhadap pengetahuan warga dalam pencegahan penularan covid 19. Proceeding Semin Nas Keperawatan 2020 [Internet]. 2020;(1):135–9. Available from: http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNK/article/view/1764
Fatimaah AS. Efektivitas Penyuluhan Gizi Menggunakan Media PGS CARDS Dibandingkan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa SekolahDasar [Internet]. 2017 [cited 2021 Jan 6]. Available from: http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/617/1/naskah publikasi.pdf
Kementerian Kesehatan RI. Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku (KPP) Dalam Pencegahan Covid-19. 2020;1–48.
Supratman LPS, Mahadian AB. Psikologi Komunikasi [Internet]. 1st ed. Penerbit Deepublish; 2018 [cited 2021 Jan 30]. Available from: https://books.google.co.id/books?id=h2ZmDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Nadeak DN, Agrina, Misrawati. Efektifitas Promosi Kesehatan Melalui Media Audiovisual Mengenai HIV/AIDS Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS. J Online Mhs Bid Ilmu Keperawatan [Internet]. 2014 Feb 28 [cited 2021 Jan 7];1(1):1–8. Available from: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMPSIK/article/view/3509
Authors who publish with this Journal agree to the following terms: (Download Copyright Notice)
1. Author retains copyright and grants the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allows others to share the work within an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication of this journal.
2. Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgment of its initial publication in this journal).
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
4. User/public use of this website will be licensed to Creative Commons Attribution-ShareALike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License.