Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Pengaruh Dukungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Kecemasan Belajar saat Pandemi Covid 19 pada Remaja

  • Evin Novianti mrs
  • Chaerani Chaerani Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Dukungan keluarga, Dukungan teman sebaya, remaja, Kecemasan belajar, Family support, Peer support, adolescents, Anxiety in learning

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Pandemi covid 19 mempengaruhi bidang pendidikan dengan diberlakukannya pembelajaran jarak jauh sehingga dapat menimbulkan dampak psikologis bagi remaja. Dalam pelaksanaannya maka dibutuhkan dukungan keluarga dan teman sebaya agar remaja merasa lebih diperhatikan dan disayangi. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dukungan keluarga dan teman sebaya terhadap kecemasan dalam proses pembelajaran saat pandemi covid 19 pada siswa di SMPN 5 Depok.

Metode: Studi cross sectional dengan teknik simple randoom sampling sebanyak 242 responden. Analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: Studi menemukan pengaruh antara dukungan keluarga dengan kecemasan belajar (p value= 0,002) dan dukungan teman sebaya dengan kecemasan belajar (p value= 0,025) pada siswa di SMPN 5 Depok.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukan bahwa remaja yang memiliki dukungan keluarga dan teman sebaya yang baik akan memberikan dampak dalam belajar yaitu meminimalisir terjadinya kecemasan belajar, khususnya saat pandemi covid-19. Dukuungan keluarga dan teman sebaya mempunyai peranan penting untuk memotivasi remaja sehingga mengurangi kecemasan.

Kata Kunci : Dukungan keluarga, dukungan teman sebaya, remaja, kecemasan belajar.

 

Abstract

Background: The COVID-19 pandemic has affected the education sector with the implementation of distance learning so that it can have a psychological impact on teenagers. In its implementation, it takes the support of family and peers so that teenagers feel more cared for and loved. This study aims to determine the relationship between family and peer support for anxiety in the learning process during the COVID-19 pandemic in students at SMPN 5 Depok.

Methods: Cross sectional study with simple random sampling technique as many as 242 respondents. Data analysis using chi square test.

Results: The study found the effect of family support with learning anxiety (p value = 0.002) and peer support with learning anxiety (p value = 0.025) in students at SMPN 5 Depok.

Conclusion: The results of the study show that teenagers who have good family and peer support will have an impact on learning, namely minimizing the occurrence of online learning anxiety during the covid-19 pandemic. Family and peer support has an important role to motivate adolescents so as to reduce anxiety.

Keywords: Family support, peer support, adolescents, anxiety in learning.

References

Christian P, Smith ER. Adolescent Undernutrition: Global Burden, Physiology, and Nutritional Risks. Ann Nutr Metab. 2018;72(4):316–28.

Katz DA, Peckins MK, Lyon CC. Adolescent stress reactivity: Examining physiological, psychological and peer relationship measures with a group stress protocol in a school setting. J Adolesc. 2019 Jul;74:45–62.

Pragholapati A. Covid-19 Impact on Students. 2020;1–6.

Jiao WY, Wang LN, Liu J, Fang SF, Jiao FY, Pettoello-Mantovani M, et al. Behavioral and Emotional Disorders in Children during the COVID-19 Epidemic. J Pediatr [Internet]. 2020;221:264-266.e1. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jpeds.2020.03.013

Riskesdas. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar [Internet]. 2018 [cited 2021 Feb 4]. Available from: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Della Tri Damayamti; Alviyatun Masitoh. Strategi Koping Siswa Dalam Menghadapi Stres Akademik Di Era Pandemi Covid-19. J Multidiscip Stud [Internet]. 2020;4(December):185–98. Available from: http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/academica/article/view/3167

Mariatun M, Munir A, Metia C. Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Siswa pada Pelajaran Matematika Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Sinabang. Tabularasa J Ilm Magister Psikol. 2020;2(1):1–7.

Lilawati A. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;5(1):549.

Halim F. Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Belajar Mahasiswa pendidikan Dasar. PiJIES Pendagogik J Islam Elem Sch. 2019;2(2):129–46.

Diananda A. Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. J ISTIGHNA [Internet]. 2019;4(1):116–33. Available from: http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna

Nursalam. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th ed. Jakarta: Salemba Medika; 2016.

Widowati FS. Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Diri Remaja Panti Asuhan. Universitas Muhammadiyah Malang; 2018.

Apriani DGY, Sudiarsani A. Hubungan Dukungan Orang Tua Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Remaja (12-18 th) Pada Saat Pemasangan Infus Di Ruang IRD BRSUD Kabupaten Tabanan. J Med Usada. 2020;3:32–40.

Madoni ER, Mardliyah A. Determinasi religiusitas, kecerdasan emosional, dan dukungan sosial terhadap kecemasan akademik siswa. J ConsulenzaJurnal Bimbing Konseling dan Psikol [Internet]. 2021;4(1):1–10. Available from: http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS

Zhang C, Ye M, Fu Y, Yang M, Luo F, Yuan J, et al. The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. J Adolesc Heal [Internet]. 2020;67(6):747–55. Available from: https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026

Mukholil. Kecemasan dalam Proses Belajar. J eksponen. 2018;8(1).

Musradinur. Stres dan Cara Mengatasinya dalam Perspektif Psikologi. J EDUKASI J Bimbing Konseling. 2016;2(2):183.

Cao W, Fang Z, Hou G, Han M, Xu X, Dong J, et al. The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res [Internet]. 2020;287(March):112934. Available from: https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Shigemura J, Ursano RJ, Morganstein JC, Kurosawa M, Benedek DM. Public responses to the novel 2019 coronavirus (2019-nCoV) in Japan: Mental health consequences and target populations. Psychiatry Clin Neurosci. 2020;74(4):281–2.

Sun Y, Lin SY, Chung KKH. University students’ perceived peer support and experienced depressive symptoms during the COVID-19 pandemic: The mediating role of emotional well-being. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(24):1–13.

Elfiyani NK, Pratomo H, Putri SW, Wahyuni RD, Mukti GA. Gambaran Emosional pada Remaja yang Menjalani Social Distancing selama Pandemi Covid 19. Qual J Kesehat. 2021;15(1):37–43.

Zhang S, Zhao L, Lu Y, Yang J. Do you get tired of socializing? An empirical explanation of discontinuous usage behaviour in social network services. Inf Manag [Internet]. 2016;53(7):904–14. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.im.2016.03.006

Rahardjo W, Qomariyah N, Mulyani I, Andriani I. Social Media Fatigue pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Psikol Sos. 2020;18(59):12.

Nazariah, Andrian R. Pendekatan Kemandirian Belajar terhadap Kecemasan pada Proses Pembelajaran. J Ilm Pendidik dan Pembelajaran. 2018;5(2):52–67.

Published
2021-12-14