Hubungan antara Tingkat Stres dan Ketidakpercayaan Diri dengan Pola Hidup Sehat Mahasiswa Gizi STIKes Mitra Keluarga
Abstract
Abstrak
Latar Belakang: Penelitian di Malaysia mendapatkan hasil 71,6% mahasiswa kurang menjalani pola hidup sehat dan di Indonesia sendiri terdapat 52,3%. Pola hidup seseorang dapat menurun dikarenakan mengalami stres dan hilangnya rasa percaya diri. Penyebab seseorang kurang menjalani pola hidup sehat karena makanan yang dikonsumsi belum memenuhi standar kecukupan gizi, sehingga tubuh menjadi kurang sehat, terlihat kurus, dan menimbulkan rasa kurang percaya diri dalam berpenampilan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara tingkat stres dan ketidakpercayaan diri dengan pola hidup sehat mahasiswa Gizi STIKes Mitra Keluarga.
Metode: Menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Mahasiswa Gizi STIKes Mitra Keluarga sebanyak 106 orang sebagai sampel dari penelitian dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Depression Anxiety Stress Scale 21 (DASS 21), kuesioner ketidakpercayaan diri, dan kuesioner pola hidup sehat. Analisis data dilakukan pengujian statistik menggunakan regresi logistik berganda.
Hasil: Mayoritas karakteristik sampel berjenis kelamin perempuan (95,3%), dengan usia 21 tahun (35%). Hasil analisis multivariat didapatkan p-value=0,002 pada variabel tingkat stres dengan OR sebesar 9,425 (95%CI 2,254-39,412), p-value=0,006 untuk perbandingan antara ketidakpercayaan diri sedang dibanding rendah dengan OR sebesar 6,973 (95%CI 1,745-27,867) dan p-value=0,041 untuk perbandingan antara ketidakpercayaan diri tinggi dibanding rendah dengan OR sebesar 12,306 (95%CI 1,109-136,549).
Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dan ketidakpercayaan diri dengan pola hidup sehat mahasiswa Gizi STIKes Mitra keluarga.
Kata Kunci: Ketidakpercayaan diri, pola hidup sehat, tingkat stres
Abstract
Background: Research in Malaysia found that 71.6% of students lacked a healthy lifestyle, and in Indonesia alone, there were 52.3%. A person's lifestyle can decrease due to stress and loss of self-confidence. The cause of a person not living a healthy lifestyle is because the food consumed does not meet nutritional adequacy standards, so the body becomes unhealthy, looks thin, and creates a feeling of lack of confidence in appearance. This study aimed to analyze the relationship between levels of stress and insecurity with the healthy lifestyle of Nutrition STIKes Mitra Keluarga students.
Methods: Using an analytic observational method with a cross-sectional design. There were 106 STIKes Mitra Keluarga Nutrition Students as samples from the study by taking samples using simple random sampling. Collecting data using the Depression Anxiety Stress Scale 21 (DASS 21) questionnaire, self-doubt questionnaire, and healthy lifestyle questionnaire. Analyze data were carried out using multiple logistic regression.
Results: Most sample characteristics are female (95.3%) and aged of 21 (35%). The results of the multivariate analysis obtained a p-value=0.002 for the stress level variable with an OR of 9.425 (95%CI 2.254-39.412), p-value=0.006 for a comparison between moderate self-confidence compared to low with an OR of 6.973 (95%CI 1.745-27.867) and p-value=0.041 for a comparison between high versus low self-confidence with an OR of 12.306 (95%CI 1.109-136.549).
Conclusion: There is a significant relationship between stress levels and self-doubt with the healthy lifestyle of STIKes Mitra Keluarga nutrition students.
Keywords: Insecure, healthy lifestyle, stress level
References
Sari DP, Nugroho H, Iskandar A. Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi OSCE. J Sains dan Kesehat. 2021;3(4):482–8.
Hulukati W, Djibran MR. Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teor dan Prakt. 2018;2(1):73.
Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun. Kementeri Pendidik dan Kebud RI. 2020;1–76.
Ambarwati PD, Pinilih SS, Astuti RT. Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. J Keperawatan Jiwa. 2019;5(1):40.
Asa AO, Prastiwi S, Sutriningsih A. Hubungan Pengetahuan Anak Tentang Pola Hidup Sehat Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar di SDN Merjosari 2 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Nurs News (Meriden) [Internet]. 2018;3(3):21–33. Available from: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/450/368
A. HS, M. SNZ, M. Z, H. H, H. TN, D. Y, et al. Impact of a Healthy Lifestyle on the Psychological Well-being of University Students. Int J Pharm Res Allied Sci. 2020;9(2):1–7.
Istiningtyas A. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap tentang Gaya Hidup Sehat Mahasiswa di PSIK UNDIP Semarang. J KesMaDaSKa. 2013;1(1):18–25.
Sihombing RM, Pratama ER. Hubungan Pola Perilaku Hidup Sehat Dengan Prestasi
Akademik Mahasiswa Keperawatan. Nurs Curr [Internet]. 2018;6(1):50–9. Available from: https://ojs.uph.edu/index.php/NCJK/article/download/1346/486
Suharjana. Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter. J Pendidik Karakter. 2012;3(2).
Rahmah RA. Perasaan Insecure Pada Masa Covid-19 Mengakibatkan Maraknya Orang Menjual Produk Kecantikan. SocArXiv Pap. 2020;
Oentarto A, Rahmat F, Hapsari S, Widiastuti A, Gabriella E. Cara mengubah Insecure dengan teori Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan menggunakan teknik Cognitive Behavior Modification (CBM). 2021.
Wijayanti N. Strategi Coping Menghadapi Stres Dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta Fak Ilmu Pendidik Univ Negeri Yogyakarta. 2013;53(9):1689–99.
Agusmar AY, Vani AT, Wahyuni S. Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Heal Med J. 2019;1(2):34–8.
Ramadhani F. Laporan Penelitian Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Di Stikes Aisyiyah Palembang Tahun 2018. 2018.
Damayanti M, Karin Savitri P. Gambaran Pola Perilaku Hidup Sehat Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. COPING NERS (Community Publ Nursing). 2016;4(1):28–35.
Kinanthi M, Listiyandini RA, Amaliah U, Ramadhanty R, Farhan M. Adaptasi Alat Ukur DASS-21 Versi Indonesia pada Populasi Mahasiswa. 2020.
Rasadi DTP. Tingkat Kepercayaan Diri Mahasiswa Berprestasi Belajar Rendah. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; 2018.
Haryatno P. Hubungan Intensitas Olahraga dan Pola Tidur dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Tingkat Satu Poltekkes Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta; 2014.
Desky DF, Megawati ER. Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stres dan Pola Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara; 2021.
Nur L, Mugi H. Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi. Ilmu Manaj. 2021;18(1):20–30.
Kountul YPD, Kolibu FK, Korompis GEC. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. J KESMAS. 2018;7(5):1–7.
Arifing AD. Self Confidence Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen (Analisis Sikap Kurang Percaya Diri Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare). 2021;6.
American Psychological Association. Stress in America : Missing the Health Care Connection. 2013;
Sholekah L, Nawantara RD&, Sancaya SD. Penerapan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Inov Layanan Bimbing dan Konseling Berbas Nilai-nilai Kearifan Lokal di era Disrupsi. 2021;1:26–31.
Andriyani J. Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih Bimbing dan Konseling Islam. 2019;2(2):37.
Muslim M. Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. J Manaj Bisnis. 2020;23(2):192–201.
Melnyk BM, Small L, Morrison-Beedy D, Strasser A, Spath L, Kreipe R, et al. Mental Health Correlates of Healthy Lifestyle Attitudes, Beliefs, Choices, and Behaviors in Overweight Adolescents. J Pediatr Heal Care. 2006;20(6):401–6.
Wahyuni S, Ramdhan S, Aliyudin A. Proses Komunikasi Konseling terhadap Anak Asuh yang Memiliki Kepribadian Introvert. Irsyad J Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. 2019;7(3):351–74.
Refnadi R. Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. J Educ J Pendidik Indones. 2018;4(1):16.
Copyright (c) 2023 Noerfitri Noerfitri, Dela Eka Nur Oktantia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms: (Download Copyright Notice)
1. Author retains copyright and grants the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allows others to share the work within an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication of this journal.
2. Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgment of its initial publication in this journal).
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
4. User/public use of this website will be licensed to Creative Commons Attribution-ShareALike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License.