Hubungan Kepuasan Kerja dengan Loyalitas Perawat di Ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan
Abstract
Latar Belakang: Loyalitas karyawan terhadap pekerjaan mereka dipengaruhi oleh tingkat kepuasan mereka terhadap pekerjaannya. Loyalitas karyawan dapat dilihat dengan pekerjaan yang lebih produktif, kinerja lebih baik, dan memiliki kemampuan untuk berkontribusi atau membantu perusahaan maju dan berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara kepuasan kerja dan loyalitas perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh tenaga keperawatan di ruang IGD RSUD Bangil yang berjumlah 42 Perawat, sedangkan sampel penelitian yang digunakan adalah 38 Perawat. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan dengan kriteria inklusi dan kriteria eklusi, dengan menggunakan instrumen lembar kuesioner dan adalah uji chi-square digunakan untuk analisis data.
Hasil: Berdasarkan hasil uji chi-square, diperoleh nilai p-value 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa ada hubungan antara kepuasan kerja dengan loyalitas Perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.
Kesimpulan: Ada hubungan yang positif antara kepuasan kerja dengan loyalitas Perawat di ruang IGD RSUD Bangil Kabupaten Pasuruan.
Kata Kunci: Kepuasan kerja, Loyalitas Kerja, Perawat
Background: Employee loyalty to their work is influenced by their level of satisfaction with their work. Employee loyalty can be seen in more productive work, better performance, and having the ability to contribute or help the company progress and develop. The purpose of this research is to identify the relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.
Methods: This type of research is quantitative analytical with a cross-sectional approached. The population of this study was all nurse staff in the emergency room at Bangil Hospital, which amounted to 42 nurses, while the research sample used was 38 nurses. Purposive sampling is a technique used with inclusion criteria and exclusion criteria, used a questionnaire instrument, and the chi-square test is used for data analysis.
Result: The results of the chi-square test obtained a p-value 0,000 (p < 0,05) which indicates that there is a relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.
Conclusion: The conclusion of this study is that there is a positive relationship between job satisfaction and nurse loyalty in the emergency room at Bangil Hospital, Pasuruan Regency.
Keywords: Job loyalty, Job satisfaction, Nurses
References
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2020. Jakarta; 2021.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta; 2022.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Surabaya; 2021.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Profil Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Surabaya; 2022.
Muhadi, Indahyati E, Angesti D, Safira R. Pengaruh Work Life Balance Dan Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Perawat Di RSI Surabaya. J Keperawatan Muhammadiyah. 2022;7(3):77–83.
Wahyuni, Purnamawati D, Widiastuti E. Hubungan Kualitas Kehidupan Kerja, Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Dampaknya Terhadap Turnover Intention Pada Perawat. J Keperawatan. 2022;14(S3):845–52.
Larastrini PM, Adnyani IGAD. Pengaruh Kepuasan Kerja Lingkungan Kerja Dan Work – Life Balance Terhadap Loyalitas Karyawan. E-Jurnal Manaj Univ Udayana. 2019;8(6):3674–700.
Soegandhi VM, Susanto EM, Setiawan R. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan PT. Surya Timur Sakti Jatim. AGORA. 2013;1(1):129–46.
Amin M, Afriyanto, Negsih WP. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Perawat RSUD Hasanusin Damrah Kabupaten Bengkulu Selatan. J Ilm Avicenna. 2019;14(1):44–9.
Purba R, Barus S. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Perawat di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua Tahun. J Kaji Kesehat Masy. 2021;2(1):8–16.
Dariyo A. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo; 2003.
Damara V. Pengaruh Kepemimpinan Pelayan Dan Kepribadian Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di CV Alam Sejati. AGORA. 2015;3(2):277–83.
Hayati I, Wilistiningsih S. Analisis Loyalitas Pekerja Bagian Farmasi di Rumah Sakit Pertamina Jaya. Bina Manfaat Ilmu; J Pendidik. 2019;2(4):631–54.
Sesario R. Pengaruh Peran Dan Wewenang Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. Tim Qiara Medika, editor. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media; 2021.
Budiharjo. Manajemen Sumber Daya Manusia. 1st ed. Alviana, editor. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI); 2019.
Sugiyono, Puspandhani ME. Metode Penelitian Kesehatan. 1st ed. Kamasturyani Y, editor. Bandung: CV Alfabeta; 2020.
Sugeng B. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Pertama. Yogyakarta: Deepublish Publisher; 2002.
Mariana R, Irfani H. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Loyalitas Kerja Perawat Honor RSUD Kabupaten Padang Pariaman. J RAP UNP. 2015;6(2):193–202.
Nurhasan R. Kepuasan Kerja dan Loyalitas Generasi Y. J Wacana Ekon [Internet]. 2017;17(1):13–23. Available from: www.jurnal.uniga.ac.id
Rohimah S. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Aseli Dagadu Djokdja. J Ekobis Dewantara. 2018;1(10):101–12.
Sukma RS, Puspitadewi NWS. Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Loyalitas Kerja Pada Marketing Kontrak PT. X Cabang Surabaya. Character J Penelit Psikol. 2022;9(4):34–44.
Nurcahyanti KK, Kuswandani DR. Pengaruh Kompensasi, Beban Kerja Dan Persepsi Jenjang Karir Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Pemediasi Terhadap Loyalitas Perawat (Studi Pada Rumah Sakit Swasta Tipe D Di Kabupaten Banyumas). J Ilm Edunomika. 2021;5(2):814.
Zahroh RF. Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Pada PT. Cendana Teknika Utama [Internet]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibarahim Malang; 2018. Available from: http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-11216%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020.
Copyright (c) 2023 Vivin Nur Maulidiyah, Ika Puspita Sari, Eka Yusmanisari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms: (Download Copyright Notice)
1. Author retains copyright and grants the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allows others to share the work within an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication of this journal.
2. Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgment of its initial publication in this journal).
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
4. User/public use of this website will be licensed to Creative Commons Attribution-ShareALike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License.