Teknik Manajemen Stres yang Paling Efektif pada Remaja: Literature Review
Abstract
Abstrak
Teknik manajemen stres remaja adalah teknik untuk mengurangi atau menekan tingkat stres pada remaja. Prevalensi stres pada remaja di dunia mencapai angka yang memprihatinkan yaitu sekitar 5%-70%. Teknik manajemen stres bertujuan untuk menekan angka prevalensi stres pada remaja. Metode yang digunakan adalah literature review dan menggunakan Google Scholar dalam lima tahun terakhir. Hasil yang didapatkan 9.460 jurnal dengan kata kunci manajemen stres pada remaja, hasil tersebut disaring menjadi 5 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima teknik manajemen stres pada remaja, yaitu problem focused coping, group discussion therapy, pendekatan konseling behavioral, emotional focus coping, dan guided imagery. Dari kelima teknik tersebut yang hasilnya paling efektif adalah guided imagery karena teknik ini membuat perasaan menjadi senang dan gembira akibat rangsangan respons perubahan psikofisiologis yang dilakukan pada teknik ini
Most Effective Stress Management Techniques in Adolescents:
Literature Review
Abstract
Adolescent stress management techniques are techniques for reducing or suppressing stress levels in adolescents. The prevalence of stress in adolescents in the world reaches an alarming number which is around 5%-70%. Stress management techniques have to purpose to reduces prevalence of stress in adolescents. A literature review is a method that is used and also Google Scholar in the last five years. The results obtained 9,460 journals with keywords stress management in adolescents, the results were filtered into 5 journals. There are five stress management techniques which is problem focused coping, group discussion therapy, approaching behavioral counseling, emotional focus coping, and guided imagery. Of the five techniques, the most effective result is guided imagery because this technique makes the feeling of being happy and happy due to the stimulation of the response to psychophysiological changes made in this technique.
References
Badan Pusat Statistik. Statistik Pemuda Indonesia [Internet]. Jakarta: Badan Pusat Statistik; 2013 [dikutip 14 April 2020]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZDMzYTI2MTk0YjU5ZGVlMDlmMDRkMjUz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTQvMTAvMjkvZDMzYTI2MTk0YjU5ZGVlMDlmMDRkMjUzL3N0YXRpc3Rpay1wZW11ZGEtaW5kb25lc2lhLTIwMTMuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wNC0xNCAxNTozMjo0OQ%3D%3D
Wahyuningtyas R. Etika Moral, Ujung Tombak Pemuda Saat ini [Internet]. Good News From Indonesia. 2019 [dikutip 13 Maret 2020]. Tersedia pada: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/12/10/etika-moral-pemuda
Prameswari V. Apa itu Stres dan Bagaimana Cara Mengatasinya? [Internet]. Zenius. 2017 [dikutip 12 Maret 2020]. Tersedia pada: https://www.zenius.net/blog/16996/mengatasi-stres
Willy T. Stres [Internet]. Alodokter. 2019 [dikutip 13 Maret 2020]. Tersedia pada: https://www.alodokter.com/stres
Sahoo S, Khess CRJ. Prevalence of depression, anxiety, and stress among young male adults in India: a dimensional and categorical diagnoses-based study. J Nerv Ment Dis [Internet]. Desember 2010 [dikutip 13 Maret 2020];198(12):901–4. Tersedia pada: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21135643
Cash SJ, Bridge JA. Epidemiology of Youth Suicide and Suicidal Behavior. Curr Opin Pediatr [Internet]. Oktober 2009 [dikutip 5 Mei 2020];21(5):613–9. Tersedia pada: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2885157/
KCDC. Trends in prevalence of psychological stress among Korean adolescents, 2007-2019 [Internet]. KCDC. 2020 [dikutip 6 Mei 2020]. Tersedia pada: http://www.cdc.go.kr
Balitbangkes. Riskesdas 2013 [Internet]. Jakarta; 2013 [dikutip 13 Maret 2020]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/download.html?nrbvfeve=ZDMzYTI2MTk0YjU5ZGVlMDlmMDRkMjUz&xzmn=aHR0cHM6Ly93d3cuYnBzLmdvLmlkL3B1YmxpY2F0aW9uLzIwMTQvMTAvMjkvZDMzYTI2MTk0YjU5ZGVlMDlmMDRkMjUzL3N0YXRpc3Rpay1wZW11ZGEtaW5kb25lc2lhLTIwMTMuaHRtbA%3D%3D&twoadfnoarfeauf=MjAyMC0wNC0xNCAxNTozMjo0OQ%3D%3D
Suratmini D, Afriani T. Pemanfaatan Deteksi Stres Remaja Yang Efektif Dan Efisien Melalui Aplikasi: Systematic Review. J Keperawatan Respati Yogyak [Internet]. 2019 [dikutip 12 Maret 2020];6(1):542–7. Tersedia pada: https://scholar.ui.ac.id/en/publications/pemanfaatan-deteksi-stres-remaja-yang-efektif-dan-efisien-melalui
Idris I, Pandang A. Efektivitas Problem Focused Coping Dalam Mengatasi Stress Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J Psikol Pendidik Dan Konseling J Kaji Psikol Pendidik Dan Bimbing Konseling [Internet]. 25 Juni 2018 [dikutip 13 Maret 2020];4(1):63–8. Tersedia pada: https://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/5896
Berliana, Wardani IY. Stres dan Strategi Koping Anak Jalanan di Kota Depok. J Persat Perawat Nas Indones JPPNI [Internet]. 31 Agustus 2018 [dikutip 13 Maret 2020];2(2):108–16. Tersedia pada: http://www.jurnal-ppni.org/ojs/index.php/jppni/article/view/88
Mawaddah N, Titiani E. Efektifitas Group Discussion Therapy Dalam Menurunkan Stres Remaja di MTs Pesantren Al-Amin Mojokerto. Medica Majapahit [Internet]. 17 Oktober 2016 [dikutip 3 November 2020];8(2):21–30. Tersedia pada: http://103.38.103.27/lppm/index.php/MM/article/view/112
Hartini S. Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Pendekatan Konseling Behavioral untuk Mengatasi Stres dan Depresi. Al Ghazali [Internet]. 10 Agustus 2018 [dikutip 13 Maret 2020];1(1):85–113. Tersedia pada: https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/24
Sugiyanti DA, Suhariyanti E, Priyanto S. Pengaruh Guided Imagery Dalam Menurunkan Stress Siswa Menghadapi Proses Boarding School di SMK Kesdam IV Kota Magelang. J Holist Nurs Sci [Internet]. 31 Juli 2017 [dikutip 13 Maret 2020];4(2):50–8. Tersedia pada: http://journal.ummgl.ac.id/index.php/nursing/article/view/1749
Hakim GRU, Tantiani FF, Shanti P. Efektifitas Pelatihan Manajemen Stres pada Mahasiswa. J Sains Psikol [Internet]. 11 Februari 2017 [dikutip 14 April 2020];6(2). Tersedia pada: http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/1641
Semaraputri SAKT, Rustika IM. Peran Problem Focused Coping dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja Akhir yang Menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. J Psikol Udayana [Internet]. 29 April 2018 [dikutip 5 Mei 2020];5(01):35–47. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/39274
Iqramah N, Nurhasanah N, Bustamam N. Strategi Coping (Problem Focused Coping dan Emotion Focused Coping) Dalam Menghadapi Stres Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi FKIP Universitas Syiah Kuala. JIMBK J Ilm Mhs Bimbing Konseling [Internet]. 2018 [dikutip 5 Mei 2020];3(4):75–83. Tersedia pada: http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/6209
Sujadi E, Wahab M. Strategi Coping Korban Bullying. Tarbawi J Ilmu Pendidik [Internet]. 5 Februari 2018 [dikutip 5 Mei 2020];13(2):21–32. Tersedia pada: http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/190
Konadi H, Mudjiran M, Karneli Y. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Konselor [Internet]. 29 Desember 2017 [dikutip 5 Mei 2020];6(4):120–31. Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/7887
Rahmayanti YN. Pengaruh Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Skizoafektif di RSJD Surakarta [Internet] [s1]. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2010 [dikutip 21 Mei 2020]. Tersedia pada: http://eprints.ums.ac.id/9482/
Afdila JN. Pengaruh Terapi Guded Imagery Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Skripsi [Internet]. [Surabaya]: Universitas Airlangga; 2017 [dikutip 5 Mei 2020]. Tersedia pada: http://repository.unair.ac.id/50614/
Authors who publish with this Journal agree to the following terms: (Download Copyright Notice)
1. Author retains copyright and grants the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allows others to share the work within an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication of this journal.
2. Authors are able to enter into a separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgment of its initial publication in this journal).
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
4. User/public use of this website will be licensed to Creative Commons Attribution-ShareALike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License.