Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Hubungan Waktu Tunggu dan Cara Bayar terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta

  • Hiliando Hasiholan Sianturi UPN Veteran Jakarta
  • Yanti Harjono Hadiwiarjo UPN Veteran Jakarta
  • Anisah Anisah UPN Veteran Jakarta
Keywords: Cara bayar, kepuasan, waktu tunggu, payment method, satisfaction, waiting time

Abstract

Latar belakang: Rumah sakit adalah institusi kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar mutu pelayanan rumah sakit yang berlaku. Mutu pelayanan rumah sakit dinilai dengan menilai tingkat kepuasan pasien yang dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu waktu tunggu dan cara bayar. Waktu tunggu pelayanan rawat jalan RS Cikini lebih dari 60 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu dan cara pembayaran dengan kepuasan pasien di Rawat Jalan Poli Penyakit Dalam RS Cikini Jakarta.

Metode: Studi cross sectional dilakukan pada Juli-Agustus 2019. Sampel penelitian sebanyak 78 pasien di rawat jalan poli penyakit dalam. Teknik pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling. Pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner untuk menilai kepuasan pasien. Data dianalisis menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov

Hasil: Hasil univariat menunjukkan sebanyak 45 responden (57,7%) waktu tunggu <60 menit dan 45 responden (57.7%) merasa puas dengan pelayanan rawat jalan. Pasien BPJS dan Asuransi Swasta masing-masing sebanyak 39 responden (50%). Uji penelitian menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov sebagai uji alternatif dari uji chi-square, menunjukan tidak terdapat hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien rawat jalan penyakit dalam (p=0,942). Hasil selanjutnya tidak terdapat hubungan cara bayar terhadap kepuasan rawat jalan penyakit dalam (p=0,745).

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan waktu tunggu dan cara bayar terhadap kepuasan pasien rawat jalan penyakit dalam. Lamanya waktu tunggu dan adanya perbedaan cara bayar tidak mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan rawat jalan karena ada faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pasien.

Kata Kunci: Cara bayar, kepuasan, waktu tunggu

Relationship of Waiting Time and Payments to The Satisfaction on Outpatients of Internal Medicine Clinic in PGI Cikini Hospital Jakarta 

Background: Hospital is a health institution that is responsible for organizing health services under applicable hospital service quality standard. The quality of hospital services is assessed by the level of patient satisfaction that can be affected by several factors like waiting time and payment methods. Waiting time in outpatient clinic Cikini Hospital is more than 60 minutes. This study aimed to determine the correlation between waiting time and payment method with patient satisfaction in the outpatient clinic of Internal Medicine, PGI Cikini Hospital, Jakarta.

Methods: A cross-sectional study was conducted between July and August 2019. The study sample was 78 patients in an outpatient clinic of internal medicine. The sampling technique with consecutive sampling technique. Data were analysis using Kolmogorov-Smirnov test.

Results: Univariate outcomes showed 45 respondents (57.7%) waiting time <60 minutes and 45 respondents (57.7%) were satisfied. Each BPJS patients and Private Insurance are 39 respondents (50%). The research test using the Kolmogorov-Smirnov as an alternative test from chi-square test showed that there was no correlation between waiting time to the patient satisfaction of outpatients in internal medicine (p=0,942). Other results there was no correlation between the payment method to the patient satisfaction of outpatients in internal medicine (p=0,745).

Conclusion: No correlation between waiting time and payment method to the patient satisfaction of outpatients in internal medicine. The length of waiting time and the difference of payment method do not affect patient satisfaction with outpatient services because other factors affect patient satisfaction.

Keywords: Payment method, satisfaction, waiting time

References

RI KK. Keputusan Menteri No 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. 2008 p. 69–73. Available from: http://kesmas.kemkes.go.id/perpu/konten /uu/uu-nomor-44-tahun-2009-ttg-rs.

Budijanto D. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Responden Pengguna Rawat Jalan Rumah Sakit Pemerintah Dl Indonesia. 2007;10(2). Available from: http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index

.php/hsr/article/view/1781/2588

Herjunianto., Dewanto A. Pengaruh Waktu Tunggu terhadap Wait Satisfaction Pasien di Instalasi Rawat Jalan RSAL dr. Ramelan. J Apl Manaj [Internet]. 2014 [cited 2018 Nov 23];12(2):248–57. Available from: http://www.jurnaljam.ub.ac.id/index.php/ jam/article/view/646/653

Azwar A. Pengantar Administrasi Kesehatan: Edisi Ketiga. Jakarta: Binarupa Aksara; 2010.

Dahlan M, Setyopranoto I, Trisnantoro L. Evaluasi Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pasien Stroke di RSUP Dr. Sardjito. J Kebijak Kesehat Indones. 2017;6(02):73–82. Available from: https://jurnal.ugm.ac.id/jkki/article/view/ 28934

Kesehatan B. Laporan Pengelolaan Program dan Laporan Keuangan Jaminan Sosial Kesehatan Tahun 2017 [Internet]. 2017. Available from: https://bpjs- kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/5b8c 446214547b3f6727a710cd62dae7.pdf

Rumah Sakit PGI Cikini. Persentase Kepuasan Pelanggan [Internet]. 2017 [cited 2019 Apr 24]. Available from: http://www.rscikini.com/page/kepuasan- pasien

Mayasari F. Analisis Hubungan Waktu Pelayanan dan Faktor Total Quality Service Terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSIA Anugerah Medical Centre Kota Metro Tahun 2015. J Adm Rumah Sakit Indones [Internet]. 2015 May 4 [cited 2018 Nov 23];2(3). Available from: http://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/vie w/2203

Hasan. Hubungan Waiting Times/Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Mata Pada Instalasi Rawat Jalan Di Rsud Tarakan Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2013 [Internet]. Universitas Hasanuddin; 2014 [cited 2019 May 19]. Available from: http://digilib.unhas.ac.id/uploaded_files/t emporary/DigitalCollection/MjI1OGE2 MzNiMWFmMjcwZTM5OTE2NTNlYT YwNDliODMyZmI1MmMyNw==.pdf

Veronica Juniarti Putri, Firdaus, Agus Aan Adriansyah. Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien BPJS di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya. Glob Heal Sci [Internet]. 2018 Dec 1 [cited 2019 Aug 4];3(4):387–93. Available from: http://jurnal.csdforum.com/index.php/GHS/article/view/256/151

Suryawati C. Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis dan Penerapannya pada Penelitian). J Manaj Pelayanan Kesehat. 2004;7(4). Available from: https://jurnal.ugm.ac.id/jmpk/article/view/2913/2633

Musdalifah M, Irwandy I, Maidin A. Analisis Perbedaan Kepuasan Pasien JKN dan Umum di RSUD Bantaeng Tahun 2015. J Kebijak Kesehat Indones JKKI [Internet]. 2016 Mar 1 [cited 2019 Aug 3];5(1):33–9. Available from: https://jurnal.ugm.ac.id/jkki/article/view/36082/21104

Naufal Roby Firmansyah, Christyana Sandra, Eri Witcahyo. Perbedaan Kepuasaan antara Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional dengan Umum Berdasarkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember. Artik Ilm Has Penelit Mahsiswa [Internet]. 2016 [cited 2019 Aug 3]; Available from: https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/78414/R.Moh.NaufalRoby Firmansyah.pdf?sequence=1

Imelda S, Nahrisah E. Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Pasien Di Rsup Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS). J Ilm AMIK Labuhan Batu [Internet]. 2015 Sep 1 [cited 2019 Aug 2];3(3):33–44. Available from: http://ojs.amik-labuhanbatu.ac.id/index.php/JIFOR/articl e/view/48/47

Published
2020-09-10